contoh KIR tentang cara mengatasi dampak negatif penggunaan HP

BAB I

PENDAHULUAN

  1. A.     Latar Belakang

HP adalah telepon genggam, digunakan untuk berkomunikasi jarak jauh yang bersifat portable. Selain itu, HP merupakan alat komunikasi nirkabel karena tidak menggunakan kabel.

Pada tahun 1973, seorang pekerja di pabrik Motorola yaitu Martin Cooper, berhasil menemukan sebuah sistem telepon genggam . Sejak saat itu, HP mulai dikenal oleh masyarakat. Semakin lama fasilitas HP kian bertambah, sehingga HP  banyak digunakan di berbagai kalangan, salah satunya pelajar.

Penggunaan HP di kalangan pelajar dapat membawa dampak positif maupun dampak negatif. Akan tetapi, dampak negatif lebih berpengaruh dibandingkan dengan dampak positif bagi pelajar. Penggunaan HP dalam jangka panjang dapat menyebabkan gangguan kesehatan dan efek radiasi yang cukup besar. Dampak negatif HP juga berpengaruh pada belajar siswa misalnya saat kegiatan pembelajaran berlangsung di sekolah maupun saat belajar di rumah, mereka belajar sambil bermain handphone. Hal itu menyebabkan konsentrasi belajar menurun, sehingga dapat menurunkan prestasi pelajar tersebut. Hal tersebut juga terjadi pada siswa kelas IXD di SMP Negeri 1 Godean. Oleh karena itu, di butuhkan solusi untuk mengatasi dampak negatif  penggunaan HP bagi siswa kelas IXD di SMP Negeri 1 Godean.

 

 

 

 

 

 

 

  1. B.     Identifikasi Masalah

Dari latar belakang masalah tersebut, maka dapat diidentifikasi beberapa masalah :

  1. Penggunaan HP di kalangan pelajar dapat membawa dampak positif maupun dampak negatif.
  2. Dampak negatif lebih berpengaruh dibandingkan dengan dampak positif bagi pelajar.
  3. Penggunaan HP dalam jangka panjang dapat menyebabkan gangguan kesehatan dan efek radiasi yang cukup besar.
  4. Para siswa kelas IXD SMP Negeri 1 Godean belum bisa menggunakan HP tepat pada waktunya.
  5. Konsentrasi belajar dan prestasi para siswa kelas IXD SMP Negeri 1 Godean turun akibat penggunaan HP yang tidak menyesuaikan waktu.
  6. Diperlukannya cara untuk mengatasi dampak negatif penggunaan HP bagi siswa kelas IXD SMP Negeri 1 Godean.

 

  1. C.     Batasan Masalah

Dari identifikasi masalah tersebut maka penulis hanya akan membahas tentang :

  1. Penggunaan HP di kalangan siswa IXD
  2. Dampak negatif yang ditimbulkan akibat penggunaan HP di kalangan siswa IXD
  3. Solusi untuk mengatasi dampak negatif penggunaan HP bagi siswa kelas IXD SMP Negeri 1 Godean.
  4. D.     Rumusan Masalah
    1. Bagaimanakah penggunaan HP di kalangan siswa IXD?
    2. Bagaiamana pengaruh dampak negatif yang ditimbulkan akibat penggunaan HP di kalangan siswa IXD?
    3. Bagaimana cara untuk mengatasi dampak negatif penggunaan HP bagi siswa kelas IXD SMP Negeri 1 Godean?

 

 

 

  1. E.     Tujuan

Tujuan dibuatnya karya ilmiah ini adalah:

  1. Untuk mengetahui penggunaan HP di kalangan siswa IXD
  2. Untuk mengetahui dampak penggunaan HP pada prestasi belajar di kalangan siswa IXD
  3. Untuk mengetahui cara agar dapat mengatasi dampak negatif HP bagi pelajar.
  4. F.      Manfaat

Manfaat dibuatnya karya ilmiah ini yaitu:

  1. Agar siswa kelas IXD  mengetahui cara menggunakan HP yang tepat
  2. Agar siswa kelas IXD mengetahui dampak negatif HP pada prestasi belajar
  3. Agar siswa kelas IXD SMP Negeri 1 Godean dapat mengatasi dampak negatif penggunaan HP.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB II

KAJIAN TEORI

 

  1. A.     Dampak Positif  Penggunaan HP
    1. Mempermudah komunikasi.
    2. Menambah pengetahuan tentang perkembangan teknologi.
    3. Memperluas jaringan persahabatan.
    4. B.     Efek Kesehatan Radiasi  Penggunaan HP
      1. Memanaskan otak dan kulit

Sebuah studi di Swedia menunjukan peningkatan rasa/sensasi panas sebesar 48 kali terhadap telinga, muka, dan kepala dari pengguna ponsel. Hasil penelitian di Rusia juga menunjukan bahwa ponsel dapat meningkatkan suhu prmukaan kulit hingga 4,7 C yang dapat mengarah ke timbulnya kanker kulit. Selain itu, HP dapat membuat panas otak sehingga mengganggu fungsinya.

  1. Resiko Kanker

Penggunaan HP meningkatkan resiko terkena tumor otak sebesar 2,5 kali. Pengguna berat HP juga dapat mengalami penurunan hormone melatonin yang amat penting untuk mencegah berkembangnya sel-sel kanker.

  1. Kerusakan Sistem Pertahanan Tubuh

Radiasi HP menyebabkan kerusakan DNA dalam sel tubuh dan juga dapat melemahkan sistem pertahanan tubuh yang bertugas melawan infeksi dan penyakit.

  1. Peningkatan tekanan darah

Pengguna handphone 30 menit per hari dapat terkena resiko pikun dua kali lipat dibanding pengguna handphone 2 menit per hari.

  1. Racun

Radiasi HP dapat mengaktifkan mercuri dalam tambalan gigi sehingga menghasilkan sejenis gas beracun yang dapat menyerang otak dan mengakibatkan kondisi seperti depresi dan atshma.

  1. Sakit kepala, Pusing-pusing, dan kehilangan konsentrasi

 

 

 

  1. C.     Dampak Negatif  Penggunaan HP Bagi Pelajar

1. Mengganggu Perkembangan Anak :
Dengan canggihnya fitur-fitur yang tersedia di hand phone (HP) seperti : permainan  akan mengganggu siswa dalam menerima pelajaran di sekolah. Tidak jarang mereka disibukkan dengan menerima panggilan, sms, miscall dari teman mereka bahkan dari keluarga mereka sendiri. Lebih parah lagi ada yang menggunakan HP untuk mencontek (curang) dalam ulangan. Bermain game saat guru menjelaskan pelajaran dan sebagainya. Kalau hal tersebut dibiarkan, maka generasi yang kita harapkan akan menjadi budak teknologi.

2. Efek radiasi
Selain berbagai kontroversi di seputar dampak negatif penggunaannya, penggunaan HP juga berakibat buruk terhadap kesehatan, ada baiknya siswa lebih hati-hati dan bijaksana dalam menggunakan atau memilih HP, khususnya bagi pelajar anak-anak.

3. Rawan terhadap tindak kejahatan.
4. Sangat berpotensi mempengaruhi sikap dan perilaku siswa.
Jika tidak ada kontrol dari guru dan orang tua. HP bisa digunakan untuk menyebarkan gambar-gambar yang mengandung unsur porno dan sebagainya yang sama sekali tidak layak dilihat seorang pelajar.

5. Pemborosan
Dengan mempunyai HP, maka pengeluaran kita akan bertambah, apalagi kalau HP hanya digunakan untuk hal-hal yang tidak bermanfaat.

 

 

 

 

 

BAB III

METODOLOGI PENELITIAN

 

  1. A.     Tempat dan waktu penelitian
    1. Tempat: Jl Jae Sumantoro, Sidolouhur, Godean, Sleman
    2. Waktu  :

 

No

Kegiatan

Desember

Januari

I II III IV I II III IV
1 Penentuan Jadawal &       a        
  Rumusan masalah                
2 Pencarian refrensi       a        
3 Pengajuan Proposal           a    
4 Melakukan Penelitian           a    

 

  1. B.     Subjek Penelitian

Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX D SMP N 1 Godean

  1. C.     Objek Penelitian

Objek penelitian ini adalah dampak negatif penggunaan HP bagi pelajar

  1. D.     Teknik Pengumpulan Data

Teknik pengumpulan data yang di gunakan dengan observasi, pengisian angket dan pencarian referensi dari internet.

  1. E.     Teknik Analisis Data

Teknik analisis data yang kita gunakan adalah deskripsi kuantitatif

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB IV

HASIL ANALISIS DAN PEMBAHASAN

 

  1. A.     Penggunaan HP di Kalangan Siswa IXD

Dari dua puluh angket yang kami sebar kepada siswa kelas IXD di SMP N 1 Godean terdapat 95% atau 19 siswa  memiliki dan menggunakan HP. Satu siswa atau 5 %   yang tidak memiliki dan menggunakan HP.Sebanyak 85% atau 17 siswa memiliki satu HP, 10%   atau 2 siswa memiliki dua HP, dan 1 siswa atau 5% tidak memiliki   HP. Jadi sebagian besar siswa IXD memiliki dan menggunakan HP.

Fasilitas yang paling sering digunakan adalah internet dengan presentase 80% dan yang sedikit digunakan adalah bluetooth dengan presentase 20%. Dari dua puluh responden, 45% atau 9 siswa menggunakan HP 1-4 jam dalam seharinya. Artinya fasilitas  HP yang paling sering digunakan oleh siswa IXD adalah internet. Hal ini dapat dilihat pada tabel berikut :

 

Tabel 1. Penggunaan HP di Kalangan Siswa IXD

No Pertanyaan Ya Tidak Lain-lain/ alasan
1. Apakah Anda memiliki dan menggunakan HP? 19 1  
2. Berapa HP yang Anda miliki?     1 = 17 orang, 2 = 2 orang, tidak punya=1 orang
3. Fasilitas apa yang Anda gunakan dalam HP? Sebutkan!     Kamera = 6 orang

SMS = 10 orang

Mp3 = 7 orang

Games = 5 orang

Internet = 16 orang

Video = 5 orang

Telepon = 10 orang

Bluetooth=4 orang

4. Berapa lama Anda sering menggunakan HP dalam sehari?     0-1 jam = 8 orang

1-4 jam = 9 orang
21-24jam = 3 orang

 

 

  1. B.     Dampak Penggunaan HP di Kalangan Siswa IXD

Sebanyak  90% atau 18 siswa mengerti dampak negatif dari penggunaan HP, sedangkan 10% atau 2 siswa tidak mengetahui dampak negatif penggunaan HP. Dari dua puluh responden, 50% atau 10 siswa merasa pusing setelah menggunakan HP, dan 50% atau 10 siswa tidak merasa pusing setelah menggunakan HP. Jadi, sebagian besar siswa IXD sudah mengetahui dampak penggunaan HP.

Sebanyak 65% atau 13 siswa pengeluarannya bertambah setelah menggunakan HP, dan 35% atasiu 7 siswa pengeluarannya tidak bertambah setelah menggunakan HP. Dalam satu bulan,  35% atau 7 siswa membeli pulsa RP 21.000-30.000. 25% atau 5 siswa membeli pulsa Rp 0-10.000 dan 25% atau 5 siswa membeli pulsa Rp 11.000-20.000. 10% atau 2 siswa membeli pulsa Rp 31.000-40.000. Sedangkan 5% atau 1 siswa membeli pulsa di atas Rp 51.000. Jadi, pengeluaran sebagian besar siswa IXD bertambah setelah menggunakan HP.

Sebanyak 25% atau 5 siswa menggunakan HP lebih lama dibanding dengan waktu belajar, sedangkan 75% atau 15 siswa tidak menggunakan HP lebih lama dibanding dengan waktu belajar. Sebanyak 55% atau 11 siswa merasa konsentrasi belajar mereka terganggu, sedangkan 45% atau 9 siswa tidak merasa konsentrasi belajar mereka terganggu saat menggunakan HP. Artinya, penggunaan HP di kalangan siswa IXD menurunkan konsentrasi belajar. Hal tersebut dapat dilihat pada tabel di bawah ini :

 

 

 

 

Tabel 2. Penggunaan HP di Kalangan Siswa IXD

No Pertanyaan Ya Tidak Lain-lain/ alasan
1. Apakah Anda mengetahui dampak negatif penggunaan HP? 18 2  
2. Apakah Anda merasa pusing jika berlama-lama menggunakan HP? 10 10  
3. Apakah setelah Anda menggunakan HP pengeluaran Anda bertambah? 13 7  
4. Berapa uang yang Anda keluarkan untuk membeli pulsa dalam satu bulan?     0-10rb =5

11-20rb = 5

21-30rb=7

31-40rb=2

41-50rb=0

>51rb=1

5. Apakah waktu Anda menggunakan HP lebih lama dibanding dengan belajar? 5 15  
6. Apakah HP membuat konsentrasi belajar Anda terganggu? 11 9  

 

 

  1. C.     Solusi Mengatasi Dampak Penggunaan HP di Kalangan Siswa IXD

Solusi yang diberikan ke-20 responden untuk mengatasi dampak negatif penggunaan HP yaitu :

1. Tidak membawa HP saat sekolah
2. Tidak memiliki HP
3. Membagi waktu antara menggunakan HP dan belajar
4. Mematikan HP saat belajar
5. Menjauhkan diri dari HP
6. Jauhkan HP dari kepala saat tidur, supaya tidak terkena radiasi
7. Memakai tema yang gelap
8. Mengurangi pemakaian HP
9. Menggunakan HP jika penting
10.Pengawasan dari orang tua
11.HP disita saat belajar

 

Hal tersebut dapat dilihat dari tabel di bawah ini:

 

Tabel 3.Solusi Mengatasi Dampak Penggunaan HP di Kalangan Siswa IXD

No Pertanyaan Lain-lain/ alasan
1. Menurut Anda, apa solusi yang tepat untuk mengatasi dampak negatif HP? Sebutkan! 1. Tidak membawa HP saat sekolah
2. Tidak memiliki HP
3. Membagi waktu antara menggunakan HP dan belajar
4. Mematikan HP saat belajar
5. Menjauhkan diri dari HP
6. Jauhkan HP dari kepala saat tidur,

supaya tidak terkena radiasi
7. Memakai tema yang gelap
8. Mengurangi pemakaian HP
9. Menggunakan HP jika penting
10.Pengawasan dari orang tua
11.HP disita saat belajar

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB V

PENUTUP

  1. A.    Kesimpulan
    1. Penggunaan HP di Kalangan Pelajar IXD

Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa sebagian besar siswa kelas IXD memiliki dan menggunakan HP. Fasilitas dari HP yang paling sering digunakan yaitu internet.

  1. Dampak Penggunaan HP di Kalangan Pelajar IXD

Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan HP di kalangan siswa IXD dapat menimbulkan dampak bagi kesehatan dan juga pada prestasi belajar.

  1. Solusi Mengatasi Dampak Penggunaan HP di Kalangan Pelajar IXD

Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa solusi untuk mengatasi dampak negatif penggunaan HP yaitu :

  1. Tidak membawa HP saat sekolah
    2. Tidak memiliki HP
    3. Membagi waktu antara menggunakan HP dan belajar
    4. Mematikan HP saat belajar
    5. Menjauhkan diri dari HP
    6. Jauhkan HP dari kepala saat tidur, supaya tidak terkena radiasi
    7. Memakai tema yang gelap
    8. Mengurangi pemakaian HP
    9. Menggunakan HP jika penting
    10.Pengawasan dari orang tua
    11.HP disita saat belajar

 

 

 

 

  1. B.     Saran-saran
    1. Menggunakan HP hanya sesuai kebutuhan saja. Jika tidak penting lebih baik tidak usah menggunakan HP, karena akan mengganggu kegiatan belajar.
    2. Penggunaan HP di kalangan pelajar harus dapat menyesuaikan waktu, antara belajar dengan bermain HP. Selain itu, jangan terlalu sering menggunakan HP, karena dapat berdampak buruk bagi kesehatan.
    3. Dibutuhkan peran siswa dan orangtua dalam mengatasi dampak negatif penggunaan HP.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR PUSTAKA

 

http://teknologi-mu.blogspot.com/2012/09/sejarah-handphone-dan-perkembangannya.html

http://karyailmiahremaja.blogspot.com/2010/05/sistematika-karya-ilmiah-remaja.html

http://littlecatinthecity.blogspot.com/2011/10/sistematika-kir.html

https://www.google.com/search?q=CARA+EFEKTIF+MENGGUNAKAN+HANDPHONE+BAGI+PELAJAR&ie=utf-8&oe=utf-8&aq=t&rls=org.mozilla:id:official&client=firefox-a

http://mardiyyah18.wordpress.com/2011/08/11/dampak-positif-dan-negatif-hp/

—-, 1997. Undang-undang Nomor 10 tahun 1997. Tentang Ketenaganukliran

—, 2009. Undang-undang Nomor 32 tahun 2009. Tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup

—,2009. Undang-undang Nomor 36 tahun 2009. No 36. Tentang Kesehatan.

—, 1999. Peraturan Pemerintah Nomor 85 tahun 1999.  Tentang Pengelolaan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun

—, 2007. Peraturan Pemerintah Nomor 33 tahun 2007. Tentang Keselamatan Radiasi Pengion dan Keamanan Sumber Radioaktif

—, 2001. Keputusan Menteri Kesehatan Nomor 1217/MENKES/SK/XI/2001. Tentang Pedoman Pengamanan Dampak Radiasi.

 

 

BAB VI

LAMPIRAN

  1. Angket Penelitian

Nama   :

No       :

Kelas   :

Isilah pertanyaan di bawah ini dengan memberikan tanda (a) beserta alasan sesuai jawaban!

No Pertanyaan Ya Tidak Lain-lain/ alasan
1. Apakah Anda memiliki dan menggunakan HP?      
2. Berapa HP yang Anda miliki?      
3. Fasilitas apa yang Anda gunakan dalam HP? Sebutkan!      
4. Berapa lama Anda sering menggunakan HP dalam sehari?      
5. Apakah Anda mengetahui dampak negatif penggunaan HP?      
6. Apakah Anda merasa pusing jika berlama-lama menggunakan HP?      
7. Apakah setelah Anda menggunakan HP pengeluaran Anda bertambah?      
8. Berapa uang yang Anda keluarkan untuk membeli pulsa dalam satu bulan?      
9. Apakah waktu Anda menggunakan HP lebih lama dibanding dengan belajar?      
10. Apakah HP membuat konsentrasi belajar Anda terganggu?      
11. Menurut Anda, apa solusi yang tepat untuk mengatasi dampak negatif HP? Sebutkan!      

B. FOTO

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s